Penghobby Hewan Peliharaan Manfaatkan Klinik Selama Cattle Market Festival

0
62

img-20170829-wa0038SUARATIMUR.NET(BANYUWANGI) – Kalangan penghobby hewan peliharaan memanfaatkan keberadaan klinik hewan selama penyelenggaraan Cattle Market Festival di GOR Tawangalun, Senin-Rabu (26- 28/8/2017).

Beberapa orang tampak datang untuk berkonsultasi tentang hewan peliharaannya. Baik hewan peliharaan kecil maupun besar . Hewan peliharaan kecil adalah hewan seperti ayam, anjing dan kucing, sedangkan yang besar seperti sapi, kerbau dan kambing. Tak hanya konsultasi, sebagian juga membawa binatang peliharaannya untuk berobat.

Salah satunya Anika (30). Warga Jl Imam Bonjol itu memeriksakan Kaka, kucingnya yang murung dan tidak mau makan. Setelah diperiksa, Kaka yang merupakan jenis kucing persian medium menderita jamur pada bagian-bagian tubuhnya. Selain itu juga terdapat telur-telur kutu yang cukup mengganggu. Dokter hewan yang sedang berjaga di klinik tersebut langsung memberikan 3 suntikan untuk Kaka. Yakni suntikan vitamin, antibiotik dan untuk jamur.

“Saya sangat terbantu dengan adanya klinik semacam ini. Kita bebas berkonsultasi tentang hewan piaraan kita, dan bahkan mendapat pengobatan secara gratis, “tutur Anika sambil menggendong kucingnya yang berbulu putih.

Sebelumnya, seekor kucing berjenis sama dengan Kaka, hanya saja berukuran lebih kecil, juga mendapatkan pengobatan dari tim dokter. Kucing kecil tersebut mengalami luka robek di permukaan kulit perutnya akibat berkelahi dengan kucing kampung. Karena lukanya tidak terlalu dalam, dokter-dokter tersebut tidak menjahitnya, hanya memberi obat yang berfungsi menutup luka dengan cepat.

Dua  dokter hewan yang ditugaskan di klinik tersebut, yakni drh Rizki Faraisa dan Luluk Wulandari terlihat sangat cekatan melayani pasien-pasiennya. “Selama pelaksanaan kegiatan ini, sudah 10 hewan sakit yang dibawa ke kita. Sedangkan untuk konsultasi cukup banyak,” ujar drh Rizki. Sementara, ratusan sapi dan kambing yang turut memeriahkan gelaran Cattle Market Festival juga rutin mendapatkan pemeriksaan dari klinik. Sebab cuaca yang terik ditambah ramainya orang yang datang membuat hewan-hewan tersebut rawan terkena stres.

Klinik hewan yang berada di bawah naungan Dinas Pertanian dan Peternakan Bnayuwangi  ini sehari-harinya bisa ditemui di kawasan Kantor Satpol PP yang berada di belakang Kodim 0825 Banyuwangi. Buka setiap hari pada jam kerja, masyarakat Banyuwangi bisa memanfaatkan layanan ini untuk berkonsultasi soal hewan kesayangannya. (*)

Eko Suryono

LEAVE A REPLY