Pramuka Banyuwangi Usung Tagline ‘Setiap Pramuka adalah Kantor Berita’

0
21

yd9a1511

SUARATIMUR.NET(BANYUWANGI) – Gerakan pramuka Kabupaten Banyuwangi kini mengusung  tagline ‘Setiap pramuka adalah kantor berita’. Artinya, untuk menangkal berita-berita hoax yang banyak bermunculan, setiap anggota pramuka  harus aktif, produktif dan selektif dalam menyuarakan keadaan sekitarnya. Hal itu diungkapkan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko, saat apel besar dalam rangka hari Pramuka ke-56, Selasa (29/8/2017)

Dalam apel yang digelar di Lapangan Blimbingsari, Kecamatan Blimbingsari tersebut, Yusuf menegaskan pentingnya pramuka menolak berita-berita palsu. “Anggota pramuka selayaknya tidak hanya menjadi konsumen informasi, tapi juga produsen informasi. Maka buatlah informasi yang tidak menyesatkan bagi orang lain,” tandas Yusuf yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Banyuwangi itu.

Yusuf mengaku, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terus mendorong secara menyeluruh kualitas dan kuantitas gerakan pramuka. “Sebagai bagian dari pendidikan karakter, pramuka  di Kabupaten Banyuwangi kami dorong agar secara kualitas dan kuantitas terus membaik. Misalnya beberapa waktu lalu kita menyelenggarakan kegiatan Wirakarya Kampung Kelir, mengantar anggota pramuka penegak ke Korea Selatan, serta mengantar 1 regu penggalang putra dan  putri yang lolos Indonesian Scout Challenge ke Amerika Serikat,” tutur Yusuf.

Saat ini Gerakan Pramuka Banyuwangi juga terus men-support 1 regu penggalang putri yang baru saja lolos dari Lomba Tingkat (LT) V Jawa Timur yang  akan maju ke lomba serupa di tingkat nasional.

Pada apel besar yang diikuti 1500 anggota gerakan pramuka tingkat SD, SMP dan SMA se- Kabupaten Banyuwangi itu, diserahkan pula sejumlah penghargaan. Antara lain  penganugerahan Lencana Dharma Bakti dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka kepada Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas selaku Ketua Majelis Pembina Cabang (Kamabicab) Banyuwangi dan  Yusuf Widyatmoko selaku Ketua Kwartir Cabang Banyuwangi. Penghargaan yang sama diberikan kepada para Andalan Kwarcab Banyuwangi yakni Sulihtiyono, Budianto dan Endang Sunarti.

Anugerah Lencana Dharma Bakti merupakan penghargaan bagi orang/tokoh yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, hak milik, dana dan fasilitas yang cukup besar dan sangat membantu kelancaran pembinaan dan pengembangan gerakan pramuka.

Sementara itu,  penghargaan Lencana Pancawarsa juga diberikan kepada 39 orang anggota pramuka Banyuwangi yeng telah menunjukkan pengabdiannya kepada pramuka. Penghargaan Lencana Pancawarsa ini diberikan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jatim.

Meski digelar dalam suasana yang cukup terik, seluruh peserta  terlihat khidmat mengikuti jalannya apel. Mereka pun juga terhibur dengan berbagai atraksi yang ditampilkan. Mulai dari drumband, aksi polisi kecil, tarian gandrung yang dibawakan 200 penari berpakaian gandrung merah dan kuning, dan berbagai atraksi menarik lainnya. (*)

Eko Suryono

LEAVE A REPLY