Produktivitas Gabah Kabupaten Probolinggo Capai 5,48 Ton per Hektar

0
54

produksi-padi-capai-355-422-tonSUARATIMUR (KRAKSAAN) : Hingga akhir Nopember 2016, produksi padi di Kabupaten Probolinggo dengan luas tanam 56.779 hektare (Ha) mencapai 355.422 ton Gabah Kering Giling (GKG) dengan produktivitas mencapai 5,48 ton/Ha. Jumlah ini melebihi produksi tahun 2015 yang mencapai 354.121 ton.

“Peningkatan produksi padi ini merupakan prestasi seluruh petani di Kabupaten Probolinggo. Harapannya ke depan produksi padi bisa terus meningkat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Probolinggo, Ahmad Hasyim Ashari.

Menurut Hasyim, dengan peningkatan produksi padi yang cukup signifikan ini, hingga kini Kabupaten Probolinggo masih surplus beras dan mampu memenuhi kebutuhan beras daerah lain di Provinsi Jawa Timur maupun nasional.

“Mohon dukungan dan kerjasama semua pihak, termasuk petani agar supaya target produksi bisa terealisasi dan Kabupaten Probolinggo bisa terus surplus beras,” pungkasnya.

Sementara Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari SE mengungkapkan, kunci keberhasilan  petani salah satunya tergantung irigasi. Oleh karena itu harus ada komunikasi antara petani dan juru air,” katanya.

Menurut Bupati Tantri, infrastruktur pertanian selama ini sudah dinikmati petani. Oleh karenanya, petani yang tergabung dalam kelompok tani harus menguatkan manajemen yang profesional. Setidaknya bisa meminimalisasi protes petani dari ketidakadilan.

“Saya harapkan dengan teknologi yang berkembang, petani harus mau membuka diri. Tugasnya memotret mana yang cocok diterapkan hingga mampu menduplikasi keberhasilan daerah lain,” pungkasnya. (*)

 

LEAVE A REPLY