Putar Video Dalam Sidang Budi Pego

0
93
Pemeriksaan Sidiq Bintoro, saksi sidang lanjutan terdakwa Budi Pego di Pengadilan Negeri Banyuwangi

SUARATIMUR.NET (BANYUWANGI); Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan Sidiq Bintoro, sebagai saksi dalam lanjutan sidang perkara Budi Pego di Pengadilan Negeri Banyuwangi Selasa (31/10).

Saksi Sidiq Bintoro disumpah dalam sidang lanjutan terdakwa Budi Pego di Pengadilan Negeri Banyuwangi
Saksi Sidiq Bintoro disumpah dalam sidang lanjutan terdakwa Budi Pego di Pengadilan Negeri Banyuwangi

Dihadapan majelis hakim dan penasehat hukum terdakwa, Bintoro dengan tegas menyatakan melihat satu gambar palu arit pada satu spanduk saat melakukan liputan demo tolak tambang oleh warga Sumberagung di kantor Kecamatan Pesanggaran beberapa waktu lalu.

Saksi yang tinggal di Rogojampi itu juga mengaku dimintai gambar hasil liputan oleh Samsul Arifin (saksi yang dihadirkan dalam sidang sebelumnya). Dan dimintai copy video oleh penyidik polres Banyuwangi pada saat pemeriksaan.

Namun wartawan Banyuwangi Satu tv tersebut lupa warna  flashdisk yang digunakan untuk mengkopi video maupun yang diberikan kepada penyidik polres Banyuwangi yang dijadikan salah satu barang bukti.

Setelah dinilai cukup keterangan yang dibutuhkan, majelis hakim, JPU, saksi, Penasehat Hukum terdakwa bersama pengunjung menyaksikan pemutaran video hasil liputan saksi di ruang sidang utama PN  Banyuwangi.

Seusai persidangan, Achmad Rivai, salah seorang penasehat hukum terdakwa Budi Pego menuturkan setelah melihat tayangan video, benar terdakwa ada di lokasi dan ada gambar palu arit yang terpasang pada spanduk saat demo tolak tambang. Namum unsur menyebarkan ajaran dan paham Marxisme komunisme dan leninisme yang dituduhkan kepada terdakwa belum terpenuhi.

Bahkan dia menambahkan setelah Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntaskan pemanggilan saksi-saksi, sebagai tim penasihat hukum terdakwa akan mengajukan 2 saksi yang meringankan dan 2 saksi ahli dalam persidangan berikutnya.(nur-es)

LEAVE A REPLY