Sejuta Manfaat dan Keindahan Waduk Bajulmati

0
39
Waduk Bajulmati Memberi Harapan Baru Masyarakat Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi
Waduk Bajulmati Memberi Harapan Baru Masyarakat Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi

SUARATIMUR.NET(Banyuwangi) : Waduk Bajulmati merupakan  bendungan yang disebut-sebut terbesar di wilayah Jawa Timur. Waduk Bajulmati di bangun awal pada tahun 2006 dan selesai pada tahun 2015, sedang mulai dibuka untuk umum pada tahun 2016.

Waduk Bajulmati yang luasnya sekitar 113 hektar itu mampu menampung air hingga 10 juta meter kubik air. Waduk Bajulmati yang terletak di dua wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo itu dibangun guna memenuhi kebutuhan air irigasi dan air bersih masyarakat banyuwangi dan situbondo. Terutamanya kebutuhan air untuk pertanian warga masyarakat sekitarnya.

Keberadaan waduk Bajulmati sangat besar manfaatnya, terutamanya bagi masyarakat Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan warga Desa Bajulmati, Bimorejo, dan Sidodadi Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Bahkan di wilayah Banyuwangi diharapkan mampu mengairi 1.800 hektar sawah baru dengan tiga kali masa panen. Bahkan ketika musim kemarau melanda kawasan waduk Bajulmati, aliran untuk irigasi air di wilayah waduk Bajulmati masih tetap terjaga dan masih bisa memenuhi kebutuhan masyarakat sekitarnya. Jauh sebelum ada waduk Bajulmati masyarakat sekitar sulit untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari. Untuk memenuhi irigasi air di sawah dan pertanian warga masyarakat saat musim kemarau di wilayah waduk Bajulmati pada saat itu sangat sulit sekali.

“Fokus pembangunan waduk Bajulmati ini sebenarnya adalah untuk kebutuhan irigasi masyarakat sekitar wilayah waduk Bajulmati,” jelas Mistari, Staf Umum waduk Bajulmati.

Selain memberikan manfaat kebutuhan air bersih, waduk Bajulmati ini  juga bermanfaat bagi warga sekitarnya. Seperti menambah pendapatan ekonomi masyarakat sekitar karena warga bisa mencari ikan Mujair yang sengaja ditebar didalam waduk.

Cukup banyak manfaatnya waduk Bajulmati, diantaranya juga menghasilkan tenaga listrik. Saat ini sudah terpasang satu unit dari dua unit turbing pembangkit listrik dengan berkekuatan total 340 KW.

Walaupun lokasi waduk Bajulmati ini jauh dari wilayah perkotaan antar Kota Banyuwangi dan Kota Situbondo tak lantas kawasan ini sepi pengunjung. Ternyata yang ingin menikmati keindahan kawasan waduk Bajulmati cukup besar. Bahkan pada libur lebaran lalu jumlah pengunjung mencapai ribuan orang.

(Andika Apriyanto/*ono)

LEAVE A REPLY