Sembilan Kecamatan di Berpotensi Terdampak Bencana Kekeringan

0
19
Kekeringan menyebabkan lahan pertanian warga kering kerontang
Kekeringan menyebabkan lahan pertanian warga kering kerontang

SUARATIMUR.NET(BANYUWANGI) – Memasuki musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi, mencatat terdapat 28 desa yang tersebar di sembilan kecamatan di wilayah Banyuwangi, berpotensi terdampak bencana kekeringan yang mengakibatkan terjadinya krisis air bersih. Krisis air bersih terparah berada di wilayah Kecamatan Wongsorejo.

Dalam satu bulan terakhir, BPBD Banyuwangi, telah menyuplay air bersih sebanyak lima puluh enam tangki dengan kapasitas 5000 liter per tangki.

Hari Rabu (06/09/2017), BPBD Banyuwangi menyuplay sebanyak delapan tangki air bersih  yang diperuntukan bagi warga di lima desa di Kecamatan wongsorejo yang mengalami krisis air bersih terparah di Banyuwangi.

Warga Dusun Alasmalang Desa Alasrejo Wongsorejo Banyuwangi alami kesulitan air bersih
Warga Dusun Alasmalang Desa Alasrejo Wongsorejo Banyuwangi alami kesulitan air bersih

Dari data yang diperoleh dari Kecamatan Wongsorejo, sebaran wilayah yang terdampak krisis air bersih akibat kekeringan tersebut berada di lima desa, yakni Desa Bangsring, Alasrejo, Sidowangi, Alasbuluh dan Desa Wongsorejo.

Data tersebut menyebutkan sebanyak 1.489 Kepala Keluarga atau sebanyak 6.914 jiwa yang mengalami kekurangan air bersih.

Pendistribusian air bersih tersebut menggunakan air PDAM Banyuwangi. Selain langsung dibagi kepada warga terdampak, juga dibagi pada tandon – tandon yang telah tersedia.

Sehingga warga  tidak mendapatkan air bersih secara langsung bisa  mengambil air bersih dari tandon yang telah disediakan, namun guna pemenuhan kebutuhan dasar pokok untuk memasak dan minum secara merata satu kepala kelurga dibatasi hanya tiga jerigen saja.

Sebelumnya, untuk mencukupi kebutuhan baik kata Warso maupun Suroso, kedua warga di lokasi terdampak kekeringan, mereka harus menempuh perjalanan sejauh empat hingga enam kilometer  guna mendapatkan air bersih.img-20170907-wa0021

Sementara itu BPBD Banyuwangi telah menjadwalkan pembagian dan pendistribusian air bersih ke masing-masing desa yang terdampak kekurangan air bersih akibat musim kemarau. (*)

Eko Suryono

LEAVE A REPLY