Terdakwa Palu Arit, Budi Pego Jalani Sidang Perdana

0
32

img-20170920-wa0025SUARATIMUR.NET(BANYUWANGI) – Setelah tertunda satu minggu, Budi Heriawan alias Budi pego terdakwa kasus pelanggaran pema-sangan spanduk yang menampilkan logo mirip partai terlarang akhirnya menjalani sidang perdana di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Banyuwangi Rabu (20/09/2017).

Sidang terhadap terdakwa Budi Pego dipimpin oleh ketua majelis hakim  Putu Endru Sonata dan didampingi hakim anggota Muswandar dan Wayan Suarta.

Sedangkan Jaksa Penuntut Umum  (JPU ) adalah Budi Cahyono dan Gusti Lanang dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Banyuwangi.

Dalam dakwaan yang dibacakan JPU Budi Cahyono, terdakwa Budi Pego dinilai melanggar aturan pemerintah Indonesia yang mengatur pelarangan penyebaran paham Komunisme, Marxisme dan  Leninisme dengan diancam hukuman maksimal 12 tahun.

Sementara salah seorang pengacara terdakwa Budi Pego, Abdul Wahid menyatakan dakwaan yang disangkakan oleh JPU dinilai kurang lengkap dan cermat dikaitkan dengan pasal yang dikenakan terhadap terdakwa.

Bahkan sebagai tim pengacara, lanjut Abdul Wahid pihaknya mengajukan penangguhan tahanan bagi kliennya, dengan pertimbangan antara lain; terdakwa koperatif selama menjalani proses hukum, terdakwa sebagai tulang punggung keluarga dan keluarganya menjamin tidak akan melarikan diri serta tidak mengulangi perbuatannya.

Nurhadi/*ONO

LEAVE A REPLY