Tokoh Agama Audensi Dengan Kapolres Banyuwangi

0
48

Pewarta : Nurhadi

SUARATIMUR (BANYUWANGI) : Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto menggelar pertemuan dengan beberapa Tokoh agama (Toga) yang dipimpin langsung Ketua MUI Banyuwangi KH Muhammad Yamin di ruang kerja Kapolres Banyuwangi Jawa Timur.

Audiensi Kapolres dengan para Tokoh Agama tersebut antara lain diikuti oleh  Ketua Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Banyuwangi KH Astro Junaidi, Perwakilan NU, Muhammadiyah dan Al Irsyad dan beberapa pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banyuwangi.

Menurut KH Astro Junaidi, pertemuan Kapolres dengan Toga merupakan komunikasi biasa setiap pergantian di pucuk pimpinan Polres Banyuwangi.“Tidak ada agenda khusus. Kami hanya membicarakan tentang kondisi Banyuwangi saat ini, terutama tentang kerukunan antar umat beragama. Kebetulan sejak Pak Agus Yulianto menjadi Kapolres Banyuwangi kami belum pernah melakukan komunikasi secara bersama-sama,” ujarnya.

Membangun kerjasama dalam menciptakan situasi kamtibmas di kota ujung timur Jawa Timur menjadi agenda utama. Selain Ormas NU, di Banyuwangi juga berkembang ormas berbasis Islam seperti Muhammadiyah, LDII, Al Irsyad dan yang lain.

“LDII bersama MUI sepakat untuk mempertahankan kondusifitas wilayah Banyuwangi. Selain Islam, di sini juga berkembang Lima agama lain seperti Budha, Kristen, Katolik, Hindu maupun Konghucu. Enam agama ini berhak untuk berkembang karena keberadaannya sama-sama dilindungi oleh undang-undang,” tegasnya.

toga
Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto bersama Tokoh Agama Di Ruang Kerja Kapolres Banyuwangi

Kedatangan para toga ini disambut baik AKBP Agus Yuliato.  Dirinya merasa terhormat karena  diperhatikan oleh para pengasuh umat yang ada di Banyuwangi. Pertemuan yang digelar menjadi wahana untuk membangun komunikasi antara penegak hukum dan pemimpin umat untuk membentengi daerah berjuluk Sunrise of Java dari gangguan kamtibmas.

“Alhamdulillah para Tokoh Agama sangat mendukung kerja kepolisian dalam menciptakan kondisi keamanan wilayah. Kita juga meminta bantuan para Kyai agar menyebarkan ajakan saling toleran antar ormas Islam maupun penganut agama lain,” tukasnya.(*)

LEAVE A REPLY