Warga Boom dan PPI Belum Ada Titik Temu

0
31

20161219_103803SUARATIMUR (BANYUWANGI) : Dalam pertemuan Senin 21/11/2016 belum ada kesepakatan antara warga dengan PT Pelindo III Banyuwangi terkait rencana relokasi rumah warga.Pernyataan tersebut disampaikan Nur Yasin, Ketua RW 01 Dusun Krajan Kelurahan Kampung Mandar dalam acara Hearing antara warga Pantai Boom, PT Pelindo III Tanjung Wangi, PT PPI dan Camat Banyuwangi serta beberapa undangan lajn di ruang khusus DPRD Banyuwangi Senin (19/12/2016).

Menurut Nur Yasin terbitnya Surat Peringatan dari PT Pelindo telah mengakibatkan keresahan warga pantai Boom.

20161219_085458“Tujuan kami datang ke dewan untuk mengadu kepada wakil rakyat dan mencari solusi terbaik dengan penyelesaian dari hati ke hati sehingga pembangunan Marina Boom Banyuwangi jalan warga bisa tenang dan merasakan manfaat adanya mega proyek tersebut,”jelas Yasin.

20161219_085659Selanjutnya Yasin menyayangkan ketidak hadiran perwakilan Pemkab Banyuwangi
yang terkesan tutup mata terhadap kondisi warga Pantai Boom yang dihinggapi ketidak pastian tempat tinggal setelah ada perintah pengosongan lahan untuk proyek Marina Boom sementara lahan pengganti lokasi jauh dan belum ada kepastian.

Yasin menambahkan, pada dasarnya warga mendukung Pembangunan pantai Boom, bahkan siap rumah mereka dibongkar dan ditata ulang bukan untuk direlokasi.

Mengutip salah satu butir Nawacita Presiden Jokowi negara hadir untuk memberikan rasa aman bagi rakyat. Pembangunan Pantai Boom tidak selayaknya menjadikan rakyat sebagai tumbal karena sumber kehidupan dan penghidupan mereka di sekitar Pantai Boom. Sehingga PT Pelindo III diminta mengkaji kembali rencana relokasi mengingat masih banyak lahan yang bisa  digunakan menata ulang tanpa mematikan sumber pendapatan dan penghidupan warga.

20161219_085930Lugas Radianto Bagian Legal PT PPI menyataakan bahwa PT Pelindo III dan PPI sudah menyediakan lahan alternatif sepakat juga menyiapkan lahan,bangunan, air bersih dan listrik warga tinggal masuk saja.”Apabila warga menolak dengan apa yang kami berikan relokasi tetap jalan dan awal tahun 2017 sudah mulai tahap pengerjaan proyek,”tegas Lugas Radianto.

Nurhadi

 

LEAVE A REPLY