Warga Boom Demo PT PPI dan DPRD Banyuwangi

0
84

demo-1SUARATIMUR (BANYUWANGI) : Ratusan warga RT 01 / RW 01 Lingkungan Krajan Kelurahan Kampung Mandar kecamatan kota Banyuwangi melakukan demonstrasi ke kantor PT Pelindo Properti Indonesia (PT PPI) dan DPRD Banyuwangi Rabu (4/01/2017).

Menurut Hanafi, salah seorang Koordinator Lapangan (Korlap) aksi demonstrasi damai, warga sepakat bertahan di rumah yang ditempati saat ini sebelum ada titik temu antara warga dengan PT Pelindo III Cabang Banyuwangi, PT PPI dan semua stake holder yang lain.

Selain itu, imbuh Hanafi warga mempertanyakan dasar turunnya Surat Peringatan (SP) kedua beberapa hari setelah hearing di DPRD Banyuwangi padahal belum ada pertemuan dan pembicaraan antara Warga dengan pelaksana proyek mega proyek Marina Boom Banyuwangi.

demo-2“Kami mendukung penuh program pembangunan Marina Boom Banyuwangi. Tetapi kami juga butuh hidup layak tercukupi pangan sandang dan papan,”ujar Hanafi.

Apabila aspirasi warga Boom tidak segera direspon oleh PT Pelindo dan PT PPI, menurut Hanafi warga akan mengadukan nasibnya ke DPRD Provinsi dan DPR pusat. Selain di Kantor PT PPI Banyuwangi, ratusan warga Boom juga melanjutkan demonstrasi damainya ke Gedung DPRD Banyuwangi dengan pengawalan aparat kepolisian setempat.

Di kantor wakil rakyat, warga memohon dukungan anggota DPRD Banyuwangi agar tetap mendampingi warga dalam memperjuangkan aspirasinya untuk disediakan lahan yang layak. Meski bukan lembaga eksekutor, Salimi, salah seorang anggota DPRD Banyuwangi dari Fraksi PDI Perjuangan, berjanji akanm senantiasa mendampingi warga bersama anggota dewan lainnya. Termasuk ketika warga akan menyampaikan aspirasinya ke Gedung DPRD Provinsi Jawa Timur.

demo-3Sementara Nurilma Septanti, perwakilan PT PPI di Banyuwangi kepada sejumlah wartawan menyatakan pihaknya tetap mengacu pada keputusan sosialisasi akhir November lalu dan tidak ada negosiasi dengan warga.

Dalam kesempatan tersebut Tanti meminta maaf kepada warga Boom dan semua pihak yang merasa tidak puas terhadap kebijakan PT PPI.

Tanti juga meralat pernyataan yang disampaikan Lugas Radianto, Legal PT PPI dalam acara hearing di DPRD Banyuwangi. PT PPI hanya menyiapkan lahan di daerah Ketapang namun ketika diminta menunjukan Tanti tidak bisa menunjukkan bukti kerja sama PT Pelindo  dari PT KAI.

demo-4Seang  Lukman Arif, Humas PT KAI Daop IX Jember ketika dikonfirmasi SUARATIMUR, Rabu (4/1/2017), mengatakan sampai berita ini ditulis menegaskan belum ada kesepakatan antara pihak PT KAI dengan PT Pelindo.” Namun lebih jauh i kami tidak dapat  memberikan keterangan lebih rinci,”tegas Lukman.

Nurhadi

LEAVE A REPLY